Islam, Sunat, Dan Kebersihan Rohani

sunat-wanita

Apakah Tuhan membuat kesalahan ketika menciptakan wanita? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Jika Allah adalah pencipta yang sempurna, mengapa harus mengubah ciptaan-Nya? Manusia melakukan perubahan dalam banyak hal. Diantaranya melalui sunat bagi wanita!

Di seluruh dunia, Hak-Hak Asasi Manusia dan Hak-Hak Perempuan Aktivis, berperang melawan sunat bagi wanita. Sunat bagi wanita banyak dipraktekkan di Afrika, Yaman dan Indonesia. Walau praktek sunat di Indonesia tidak separah di Afrika, namun tetap menyebabkan keprihatinan. Para pemimpin agama di Indonesia mendorong praktek yang mengerikan ini sehingga semakin berkembang jumlahnya.

Sunat Bagi Wanita di Indonesia

Tahun 2006 pemerintah Indonesia melarang mutilasi kelamin wanita/sunat. Sebab hal itu "tidak berguna" dan "Berpotensi merugikan kesehatan wanita". Tetapi badan penasehat tertinggi Islam segera menentang klaim tersebut.

Tahun 2011 hukum dibalikkan. Sunat bagi wanita diperbolehkan dengan mengikuti pedoman medis yang ditetapkan. Akibatnya, cukup banyak rumah sakit yang menawarkan prosedur tersebut. Rumah sakit melihat aturan ini merupakan kesempatan untuk menghasilkan keuntungan. Terkadang juga rumah sakit menawarkan sunat menjadi bagian paket kelahiran bayi. Banyak orang tua yang tidak benar-benar mengerti apa yang mereka setujui dalam paket kelahiran. Termasuk para staf medis.

Sementara praktek tidak dilaporkan secara luas di Indonesia, pada tahun 2003 dan 2010 sebuah survei memaparkan lebih dari 86% orang tua menyunat anak-anak wanita mereka. Dan lebih dari 90% dari orang dewasa menginginkan praktek ini dilanjutkan.

Mengapa Wanita Disunat?

Banyak orang bertanya mengapa Islam masih memungkinkan praktek biabad ini. Praktek ini bahkan sering didorong dan diharapkan. Sebagian besar masyarakat Indonesia ingin anak-anak wanita mereka disunat karena "Hal itu hanyalah apa yang kita lakukan biasanya" ("The Day I Saw 248 Girls Suffering Genital Mutilation," www.guardian.co.uk).

Di Indonesia, umat Muslim percaya bahwa gadis yang tidak disunat adalah najis. Masyarakat Indonesia percaya, jika seorang gadis najis (tidak disunat), maka doa-doanya tidak akan didengar Allah. Banyak juga yang percaya, bila tidak disunat dapat menimbulkan gejala kanker kandungan. Seorang Pemimpin Islam Indonesia juga mengatakan, sunat akan "memberikan kontribusi untuk pertumbuhan seorang gadis" (ibid).

Pemimpin yang lain berkata, "Hal ini diperlukan untuk mengontrol seksual birahi wanita. Mereka harus suci untuk melestarikan keindahan mereka" (ibid.)

Ada banyak kebingungan mengenai sunat wanita di Indonesia. Sebuah mitos mengatakan sunat hanyalah sebuah "simbolis." Secara umum hal ini dibenarkan oleh komunitas animisme dimana lebih dari 80% prosesnya melibatkan pemotongan.

Cendekiawan Terpecah

Tentang sunat, Cendekiawan Islam terpecah menjadi dua.  Keduanya mempunyai pendapat yang berbeda. Beberapa mengatakan sunat bagi wanita adalah baik. Yang lain mengatakan sunat hanya toleransi.

Baru-baru ini, cendekiawan lain bahkan berkata sunat sama sekali tidak dapat ditoleransi. Dimana sebenarnya hal tersebut dilarang di negara-negara Islam. Sunat bagi wanita tidak pernah disebutkan dalam Al-Quran. Mereka yang setuju sunat bagi wanita berpedoman pada Hadist yang berkata, "Sunat adalah sunnah untuk manusia dan sebuah hal yang terhormat untuk perempuan" (Musnad Ahmad, Al-Bayhaqi).

Apa yang Membuat Seseorang "Najis"?

Isa Al-Masih menjawab pertanyaan ini dengan jelas. "Maka jawab-Nya: 'Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban? Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal… sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat… iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang'" (Injil, Rasul Markus 7:18-19, 21-23).

Jika seorang yang taat beragama dan ingin menjadi "bersih" seperti perkataan Isa Al-Masih di atas, haruskah dia memotong hatinya? Isa Al-Masih tidak memerintahkan untuk memotong hari seseorang atau memuntilasi kelamin wanita/sunat!

Menurut Perkataan Allah, Semua Orang Najis!

Siapakah yang tidak najis? Injil berkata, "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" (Injil, Surat Roma 3:23). Apapun yang kita lakukan atau pikirkan untuk melawan Tuhan, membuat kita najis. Hal-hal inilah yang memisahkan kita dari Allah.

Tidak ada seorangpun yang dapat menghindar dari pelanggaran hukum. Apakah anda pernah berbohong? Apakah anda pernah berpikir tentang hal-hal yang tidak baik?

Cara Agar Dapat Bersih di Hadapan Allah!

Bila anda rindu menjadi suci dan memiliki hati yang murni, datanglah pada Sang Juruselamat! Dia-lah satu-satunya yang dapat membuang dosa-dosa anda. Isa Al-Masih rela berkorban agar anda dapat menjadi suci!

"Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni" (Injil, Surat Ibrani 10:22).

Rindukah anda mengalami kemurnian rohani dan memiliki hati yang benar suci? Inilah langkah-langkah yang anda perlu ambil.

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk didoakan, silakan mengisi permohonan doa dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments   

# ipin 2013-01-01 02:02
*
Yang biadab itu yang mana?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-10 11:40
~
Saudara Ipin,

Apakah Tuhan membuat kesalahan ketika menciptakan wanita? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Jika Allah adalah pencipta yang sempurna, mengapa harus mengubah ciptaan-Nya? Manusia melakukan perubahan. Diantaranya melalui mutilasi kelamin/sunat bagi wanita! Bukankah ini suatu yang mengerikan, menyedihkan!
~
DA
# ipin 2013-01-01 02:07
*
Mintalah Juruselamat membersihkan hati Saudara dari dosa dengan darah-Nya. Masih adakah darah Juruselamat mu di dunia ini? Ternyata bisa berdarah juga ya?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-10 11:43
~
Saudara Ipin benar, hanya dengan darah-Nya hati kita dapat disucikan dan dijadikan baru. Jadi, bukan dengan mutilasi kelamin/sunat bagi wanita!

"darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa" (Injil, Surat 1 Yohanes 1:7).

Isa Al-Masih telah mati, Isa Al-Masih telah mencurahkan darahNya hanya satu kali saja untuk menebus manusia. “Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita...” (Injil, Surat I Petrus 3:18).

Dan kematian itu telah membenarkan kita dihadapan Allah. “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” (Injil, Surat II Korintus 5:21).

Dengan pengorbanan-Nya dan dengan kebangkitan-Nya menyediakan "jalan" ke sorga. Tergantung kepada kita, apakah kita mau menerima atau bahkan sebaliknya menolak karunia Allah tersebut.
~
DA
# ipin 2013-01-01 02:10
*
Yesus Kristus adalah satu-satunya manusia yang “tanpa cela atau cacat,” baik secara genetika maupun secara perilaku.

Penderitaan dan kematian Yesus Kristus adalah bagian dari rencana Tuhan untuk menyediakan keselamatan bagi semua umat manusia. Artinya Yesus dan Tuhan beda dong?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-10 11:46
~
Saudara Ipin,

Isa Al-Masih adalah Kalimat/Firman Allah yang menjadi manusia. Kalimat/Firman Allah adalah kekal dan satu dengan Allah.

Isa Al-Masih adalah Allah sehingga kematian-Nya cukup untuk membayar hukuman dosa dunia (Injil, Surat 1 Yohanes 2:2). Hanya Allah yang dapat menanggung dosa seisi dunia (Injil, Surat 2 Korintus 5:19), mati dan bangkit – membuktikan kemenangan-Nya atas dosa dan kematian.

Jadi, karena yang telah dikerjakan Isa Al-Masih maka siapa yang percaya kepada-Nya akan diberi kemenangan atas maut dan akan masuk ke sorga. “Sebab juga Kristus [Al-Masih] telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah” (Injil, Surat 1 Petrus 3:18).
~
DA
# hulondhalangi 2013-01-15 14:15
*
Kami orang Islam kalau sholat dan melaksanakan ibadah lainnya harus bersih dari hadas (kotoran) baik hadas kecil maupun besar.

Kalau staff IDI berjenis kelamin pria. Perhatikan kelamin anthum usai pipis misalnya cebok tidak? Kalau tidak dalam Islam tidak suci. Nah kalaupun anthum cebok kalau tidak disunat masih ada najis sisa di ujung kulit bagian dalam. Bagaimana menghadap Allah kalau kotor begitu? Begitupun dikelamin wanita bagian yang menyimpan najis itu dihilangkan.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-18 10:39
~
Saudara Hulondhalangi,

Setiap umat beragama percaya bahwa Allah Maha melihat. Dia Maha tahu sampai isi hati seseorang. Allah tidak hanya melihat perbuatan umat-Nya [sholat]. Tapi Allah cenderung melihat ke dalam hati. "... sesungguhnya Allah Maha mengetahui isi hati (mu)" (Qs 5:7).

Hati yang kotor dan najis, dapat membawa manusia masuk dalam dosa yang sangat dibenci Allah. Dosa ini tidak dapat diatasi hanya dengan sholat. Sebab ada kalanya sikap hati kita pun saat sembahyang tidak sepenuhnya bersih.

Bagaimana jika tangan, kaki, mata atau kepala kita yang menyimpan najis bahkan hati kita, yang merupakan sarang kenajisan apakah harus dipotong juga?

Isa Al-Masih tidak memerintahkan untuk memotong hati seseorang atau memuntilasi kelamin wanita/sunat, jika ingin menjadi bersih.

Inilah undangan Isa Al-Masih: "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu" (Injil, Rasul Besar Matius 11:28). Kelegaan yang dimaksud ialah pengampunan dari dosa serta hidup kekal di sorga.

Bagaimana mendapat kelegaan dan menjadi bersih, silakan baca dan renungkan di url ini tinyurl.com/cy279xv
~
DA
# syahrin 2013-01-20 03:58
*
Saya rela membimbing Anda untuk memahami Islam secara bijak, syaratnya harus dengan akal sehat. Boleh membawa buku kumpulan dongeng yang biasa dibawa ke gereja sebagai pembanding. Saya sungguh kasihan melihat Anda dilingkupi dengan ketidaktahuan tapi nekat untuk membagi pengetahuan.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-22 16:24
~
Saudara Syahrin,

Kami ucapkan terima kasih atas tawaran dan kesediaan Saudara Syahrin untuk berbagi ilmu tentang Islam kepada kami.

Bagaimana dengan artikel di atas. Apakah salah? Kiranya saudara dapat memberi masukan seperti ilmu yang sudah saudara miliki tentang Islam khususnya mengenai sunat wanita dan kebersihan rohani, terima kasih.
~
DA
# Hulondhalangi 2013-01-20 18:27
*
Saudara IDI, kenapa dalam ajaran Kristen tidak dianjurkan untuk bersuci? Karena Islamlah agama yang sempurna. Dalam Islam sekalipun kita sudah bersih dari hadas, ketika sholat kita wajib wudhu karena kita akan menghadap yang Maha suci.

Saudara IDI saja mau menghadap atasan saja harus membersihkan dirikan? Bagaimana kita mau menghadap Allah SWT pemilik alam semesta sementara syarat bersuci kita tidak penuhi. Itulah Islam mengajarkan kebersihan adalah sebagian dari iman untuk membersihkan hati dan pikiran dari kotoran kita dianjurkan untuk berdzikir.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-23 13:45
~
Saudara Hulondhalangi,

Datang menghadap Sang Maha suci dalam keadaan tubuh dan pakaian bersih memanglah tidak salah. Tetapi apakah itu lebih penting dibandingkan kebersihan hati?

Kitab I Nabi Besar Samuel 16:7 berkata: "Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati". Jelas, ayat ini menekankan bahwa Allah melihat kebersihan hati seseorang yang datang menghadap-Nya. Kondisi hati lebih utama dibandingkan kebersihan tubuh jasmani.

Dalam Injil Rasul Markus 7:21-22, Isa Al-Masih menekankan: "Dari hati orang timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa napsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan". Inilah yang menajiskan kita dari Allah.

Namun, Allah menyediakan jalan indah supaya hati kita dibersihkan, bukan memuntilasi kelamin wanita. Bagaimana cara mendapatkan hati yang suci, silakan mempelajari di link ini: tinyurl.com/agr4w99
~
DA
# Hulondhalangi 2013-01-23 22:49
*
Dalam Islam hukum itu jelas bersih badan dan pakaian dari segala hadas. Dengan dalil Alkitab yang anda sebutkan, dan itu ditaati umat Islam dimanapun ia berada.

Pertanyaan, apakah dengan dalil Alkitab yang anda sebutkan apakah bisa dijamin orang Kristen memiliki kebersihan hati? Islam itu bukan teori tapi implementasi. Yesus juga disunat (Injil, Rasul Lukas 2:21), cuma umatnya yang tidak mau karena memang bukan pengikut Yesus tetapi Paulus.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-25 17:01
~
Saudara Hulondhalangi,

Kami yakin saudara sependapat dengan kami bahwa janji Allah adalah pasti. Dan kami yakin saudara juga sependapat dengan kami bahwa Isa itu seorang yang suci, benar setiap perkataan-Nya bukan pembohong.

Mari renungkan perkataan Isa Al-Masih ini: "Anak Manusia [Isa Al-Masih] datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Injil, Rasul Besar Matius 20:28). Jadi, darah-Nya berkuasa menghapus dosa-dosa saudara dan menyucikan hati saudara.

Bukan hanya orang Kristen, tetapi semua orang yang sungguh-sungguh ingin memiliki hati yang bersih maka lakukanlah seperti firman Allah yang ada di link ini tinyurl.com/agr 4w99

"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan" (Injil, Surat 1 Yohanes 1:9).
~
DA
# Surya 2013-01-26 06:38
*
Salah satu hal yang membuat saya meninggalkan Kristen adalah hilangnya kejujuran dalam Kristen. Setiap saat saya dijejali berita bohong tentang Islam dan itu membuat saya tertantang untuk membuktikan kebenaran. Syukur kepada Allah yang telah membimbing saya kepadaNya.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-29 16:24
~
Saudara Surya,

Kekristenan bukan mengajarkan untuk berbohong. Apakah saudara Surya berpikir Kristen mengikuti ajaran taqiyyah atau “penipuan suci”. Dalam taqiyyah, seorang Muslim diizinkan berbohong atau mengatakan sesuatu untuk menipu orang non Muslim lainnya.

Isa Al-Masih tidak pernah mengajarkan pengikut-Nya untuk berbohong dengan alasan apapun. " Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat" (Rasul Besar Matius 5:37).

Sudahkah saudara menemukan kebenaran?
~
DA
# Surya 2013-01-26 06:40
*
Allah menunjukkan kesempurnaan ciptaan-Nya dengan memberikan petunjuk. Sekarang saya bertanya apakah anda memotong kuku? Memotong rambut? Kenapa anda harus melakukannya bukankah kata saudara Tuhan telah menciptakan manusia dengan sempurna?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-29 16:26
~
Saudara Surya,

Itulah kebesaran Allah, setiap yang ada pada kita memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya otak, organ yang luar biasa yang memiliki kemampuan untuk belajar, berfikir. Jadi tentu saja kami memotong kuku, rambut karena untuk keindahan, kebersihan secara jasmani. Bukan untuk memiliki hati yang suci.

Sedangkan untuk memiliki hati yang suci, tidak najis dihadapan Allah bukan dengan memotong hati seseorang atau memuntilasi kelamin wanita/sunat! Karena hanya ada satu cara yang dapat membersihkan hati kita dari segala kejahatan dan dosa kita, yaitu Isa Al-Masih. “. . . dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa” (Injil, Surat 1 Yohanes 1:7).
~
DA
# Hulondhalangi 2013-01-29 22:19
*
Tolong klarifikasi kalau salah orang Kristen itu bukan pengikut Yesus tapi Paulus. Yesus disunat, Paulus mengajarkan tidak disunat, Yesus mengharamkan babi, Paulus menghalalkan semuanya. Orang Kristen mengharapkan jalan keselamatan dari Yesus, tetapi meninggalkan anjurannya justru mengikuti orang yang mengaku rasul dan justru Yesus tidak mengenalnya, cuma dia saja yang mengaku mendapat wahyu. Tolong kalian Kristen sadar, mengatakan Yesus adalah jalan, tetapi kalian tidak mengikuti jalan itu.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2013-01-30 16:07
~
Saudara Hulondhalangi,

Kami tidak dapat menjawab komentar saudara di sini karena topik di atas membahas tentang kebersihan rohani/bersih dihadapan Allah. Bukan tentang Paulus.

Untuk itu silakan mendiskusikan hal tersebut di url ini: tinyurl.com/7srwflg
~
DA

Isadanislamstudi2

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer