Mukmin, Pria Dan Wanita Di Sorga

pintu-surga-neraka

Sorga bagi pria Mukmin, bagi wanita Mukmin dan bagi orang Kristen adakah bedanya?

Mungkin kita sering berpikir bagaimana indahnya sorga. Apakah sama indahnya dengan istana Taj Mahal yang pembangunannya sendiri menghabiskan waktu selama 22 tahun? Atau mungkin seperti indahnya istana-istana kerajaan di berbagai bangsa?

Tentu tidak satu pun bangunan-bangunan nan megah di dunia yang dapat disetarakan dengan sorga. Selain kita sendiri tidak dapat menggambarkan dengan pasti bagaimana indahnya sorga, Kitab Suci  menggambarkan sorga sebagai tempat yang begitu indah dan kudus.

Gambaran Sorga Menurut Al-Quran

Nama lain dari sorga bagi umat Islam adalah Aljana. Di tempat ini mengalir sungai-sungai dari anggur yang dapat dinikmati setiap orang yang “berhasil” masuk ke Aljana. Di sini mereka bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5).

Timbul satu pertanyaan dalam pikiran saya.  Bila di dunia saja dilarang minum anggur karena dianggap haram, lalu mengapa orang-orang di Aljana justru disuguhi sungai-sungai anggur yang bebas diminum setiap saat? Dan lagi, apakah orang-orang yang minum anggur tersebut tidak akan mabuk?

Selain sungai-sungai anggur, dalam Aljana juga terdapat berbagai macam kenikmatan lainnya.

Gambaran Sorga Menurut Injil

Dalam Injil, sorga sering juga disebut sebagai Kerajaan Allah. Sorga adalah tempat orang-orang kudus. Hanya mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih-lah yang berhak masuk dalam Kerajaan ini.

Berbeda dengan Aljana umat Muslim, Injil menegaskan bahwa “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Injil, Surat Roma 14:17).

Lebih jauh Injil menjelaskan, di sorga umat Allah akan tinggal bersama-sama dengan Allah. Tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5).

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” (Injil, Kitab Wahyu 21:4)

Bagaimana Laki-laki di Sorga?

Dalam Al-Quran terdapat begitu banyak kabar gembira bagi kaum pria Mukmin yang beriman bila, kelak mereka masuk sorga. Sayangnya kenikmatan sorgawi itu hanya ditujukan bagi pria Mukmin saja. Diantara kenikmatan tersebut adalah wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Juga dijanjikan para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Sementara firman Allah dalam Kitab Suci Injil menegaskan tidak ada kawin mengawini di dalam sorga. “Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga” (Injil, Rasul Besar Matius 22:29).

Nasib Mukmin Wanita di Sorga

Bagaimana dengan nasib wanita Mukmin, siapa yang akan mengawini mereka di sorga? Tidakkah mereka berhak menerima kenikmatan yang sama dari Allah sebagai balasan ketaatan mereka selama berada di dunia?

Dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, tidak satu pun kenikmatan tersebut ditujukan bagi wanita Mukmin. Umumnya kenikmatan itu ditujukan bagi pria Mukmin. Sekali lagi, wanita Mukmin mengalami diskriminasi, bukan di dunia melainkan di tempat akhir di akhirat!

Isa dan Injil Tidak Membedakan Antara Pria dan Wanita di Sorga

Sorga adalah tempat bagi setiap umat Allah yang telah diselamatkan. Tidak perduli pria ataupun wanita. Bagi mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih dan juga hidup sesuai dengan kebenaran firman Allah, Isa Al-Masih menjanjikan sorga bagi mereka. “Yesus bersabda, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah" (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:3).

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk didoakan, silakan mengisi permohonan doa dengan cara klik link ini.

Demikianlah, bagi mereka yang menerima kehidupan baru dari Allah, yaitu mereka yang meninggalkan cara hidupnya yang lama dan tidak berkenan pada Allah, dan berpaling pada hidup yang baru sesuai dengan kebenaran firman Allah, mereka itulah yang berhak masuk dalam Kerajaan Allah.

[Staf Isa dan Islam – Adakah Anda seorang wanita yang rindu memiliki jaminan masuk dalam Kerajaan Allah? Artikel tentang Jalan Keselamatan dapat membantu Anda menemukan cara untuk mendapatkan jaminan tersebut.]

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments   

# purwa 2012-07-25 12:41
*
Kasihan sekali sorga orang Kristen.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-08 13:11
~
Saudara Purwa,

Kami dapat mengerti mengapa saudara mengatakan “kasihan dengan sorga orang Kristen”. Sebagai seorang pria, tentu saudara sangat bersuka-cita dengan janji-janji yang diberikan kelak bila saudara masuk sorga.

Namun pertanyaannya, apakah saudara yakin akan masuk sorga? Kiranya saudara dapat menanyakan pertanyaan ini dengan jujur pada diri saudara sendiri.

Kami sebagai pengikut Isa Al-Masih, sebaliknya sangat sedih sekali membaca ciri-ciri sorga yang ditawarkan agama saudara. Juga orang-orang yang boleh masuk ke sana.

Sungguh kasihan sekali wanita-wanita Muslim. Mereka tidak mendapat kesempatan untuk menikmati indahnya sorga. Di dunia mereka harus rela dipoligami. Diperlakukan sebagai obyek seks, juga harus menerima diskriminasi lainnya. Setelah di akhirat, mereka juga tidak mendapat hak yang sama dengan pria bila masuk sorga.

Sungguhkah Allah yang membuat aturan itu? Sungguhkah Allah begitu kejamnya terhadap wanita, sampai-sampai harus membuat peraturan yang demikian?
~
SO
# ririn 2012-08-07 13:08
*
Bagi saya untuk mengomentari cerita di atas, tidak lain harus dilihat dari dua sisi sudut pandang.

Bagaimana Anda melihat hal sorga tersebut, seolah-olah dapat dirasakan, sehingga timbul rasa penasaran dari Anda. Sedangkan bagi umat Islam, Al-Quran menjelaskan sorga itu dengan indah serta ketakjubannya.

Tidak pernah terlintas di pikiran, di telinga, dan di mata.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-08 13:11
~
Saudari Ririn,

Apakah menurut saudara, penjelasan pada artikel di atas tentang sorga menurut Al-Quran tidak benar?

Memang manusia belum pernah melihat sorga. Bahkan mungkin membayangkan bagaimana sorga itu saja tidak. Tetapi itulah gambaran sorga menurut Al-Quran. Kitab suci yang Saudari Ririn percaya sebagai wahyu dari Allah.

Bahwa sorga, hanya diutamakan bagi kesenangan pria. Mereka akan dimabukkan dengan berbagai rasa anggur. Juga dengan wanita-wanita yang sangat cantik dan para perawan-perawan.

Lalu, bagaimana dengan saudari sebagai wanita Muslim. Di manakah tempat saudari. Sorga atau neraka?
~
SO
# utomo 2012-08-13 16:06
*
Saya tambah wawasan, bahwa sorga merupakan keadaan di mana roh manusia bersatu dengan Allah. Jadi segala nafsu dunia dulu tidak ada lagi. Bahagia hidup kekal bersama Sang Pencipta.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-15 13:26
~
Saudara Utomo,

Terima kasih atas wawasan yang sudah saudara berikan.

Firman Allah berkata, “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Injil, Surat Roma 14:17).

Sehingga di sorga, umat Allah akan tinggal bersama-sama dengan Allah. Tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5).
~
SO
# endy 2012-08-15 00:32
*
Lihat saja kelak akhir hidup kita. Kalau kita masuk sorga pastilah kita akan bertemu di sorganya Allah amin.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-15 13:27
~
Saudara Endy,

Saya sering mendengar beberapa teman mempunyai pandangan yang sama dengan saudara. Ketika bicara tentang sorga, mereka mengatakan “lihat saja nanti.”

Menurut saya, pandangan ini sangat salah, sebab kerajaan sorgawi adalah sesuatu yang pasti. Sehingga kewajiban kita selama masih ada di dunia adalah mengusahakan “jalan” supaya dapat sampai dan masuk ke sorga tersebut.

Bila kita mempunyai pandangan “lihat saja nanti”, jelas sudah sangat terlambat. Karena bila Pengadilan Allah telah ditegakkan, maka sudah tidak ada waktu bagi kita untuk bertobat. Yang ada hanya putusan dari Allah, siapa yang masuk dalam Kerajaan-Nya dan siapa yang harus dibuang pada kebinasaan di neraka.

Nah, bagaimana menurut saudara Endy, bukankah sebaiknya dari sekarang kita mulai berpikir “jalan” mana yang harus kita pilih agar pasti masuk sorga?
~
SO
# Dimas 2012-08-15 13:33
*
Lebih jauh Injil menjelaskan, di sorga umat Allah akan tinggal bersama-sama dengan Allah. Tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5).

Pernyataan di atas adalah ayat-ayat Alkitab. Apakah ada yang akan menanggapi dari sisi pandangan agama Islam. Silakan ditunggu komentarnya.
# merdu 2012-08-15 14:13
*
Kepada staf IDI mohon diklarifikasi ayat Injil di bawah ini.

Injil, Surat 1 Korintus 15:6 "Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal"

Siapakah yang dimaksud dengan mereka masih hidup sampai sekarang. Tolong tunjukkan siapa dan jangan memberikan alasan menurut image/logika anda.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-16 13:56
~
Saudari Merdu,

Terima kasih karena saudara sudah mempercayai kami untuk memberi klarifikasi atas ayat yang tidak saudara mengerti.

Namun sebelumnya maaf, kami tidak bisa menjawab pertanyaan saudara di topik ini. Karena pertanyaan yang saudara ajukan tidak ada hubungannya dengan topik artikel di atas.

Saran kami, silakan komentar saudara dikirim langsung ke staf kami lewat email: . Atau saudara mengunjungi situs kami: www.isadanislam.com di situs ini ada topik yang membahas tentang Isa Al-Masih sesuai dengan pertanyaan yang saudara ajukan.

Harap maklum!
~
SO
# ririn 2012-08-15 14:32
*
Dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, tidak satu pun kenikmatan tersebut ditujukan bagi wanita Mukmin. Umumnya kenikmatan itu ditujukan bagi pria Mukmin. Sekali lagi, wanita Mukmin mengalami diskriminasi, bukan di dunia melainkan di tempat akhir di akhirat!

Nah inilah yang dikatakan oleh staff IDI yang sok tahu dengan urusan Tuhan. Mereka ini seolah-olah sudah mengetahui rahasia Allah. Sungguh sesat dan menyesatkan.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-16 13:57
~
Saudari Ririn,

Bila memang apa yang kami sebut di atas adalah informasi yang salah yang sesat. Dapatkah saudara menjelaskan kenikmatan-keni kmatan apa yang akan diterima oleh seorang wanita Muslim yang masuk sorga?

Adakah ayat-ayat dalam Al-Quran yang berbicara tentang sorga dan wanita? Bila tidak keberatan kiranya saudari Ririn dapat berbagi informasi tersebut di forum ini supaya kami dan teman-teman wanita Muslim lain mengetahuinya.
~
SO
# Coenta 2012-08-16 11:24
*
Menurut saya sebagai orang yang sedikit ilmu agama, pemahaman penulis dalam artikel tersebut tentang Islam sangat dangkal. Sudah jelas-jelas baik pria maupun wanita mereka akan bahagia di sorga.

Islam adalah agama penyempurna dari agama samawi sebelumnya. Jika jaman dulu agama-agama itu hanya untuk kaum tertentu, nah Islam turun untuk seluruh umat manusia. Bisa dilihat dari isinya, mulai dari ilmu nikah, gadai, jual beli, ilmu waris. Sampai ilmu bumi dan pengetahuan lainnya terdapat di Al-Quran.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-21 16:12
~
Saudara Coenta,

Terima kasih atas penilaian saudara terhadap kami. Itulah manusia, serba ada keterbatasan dan kekurangan. Jelas tidak ada manusia yang sempurna.

Tentang sorga yang menurut saudara bagi wanita dan pria, sepertinya kami belum pernah membaca ayat yang demikian dalam Al-Quran. Yang kami ketahui adalah, bila Al-Quran bicara tentang sorga, segala janji-janji hanya ditujukan bagi pria. Tidak ada bagi wanita.

Atau mungkin kami terlewat atau tidak mengetahuinya. Jika memang Saudara Coenta pernah membaca ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan apa yang akan diterima seorang wanita Muslim bila masuk sorga. Kiranya saudara tidak keberatan untuk berbagi informasi tersebut dengan kami.
~
SO
# Adanugi 2012-08-16 13:32
*
Sorga dan neraka, passwordnya tentu pahala dan dosa. Banyak pahala layak ke sorga, banyak dosa akan ke neraka.

Pahala dan dosa saja tidak ada yang bisa tahu bentuk wujudnya. Injil di masa itu dan Al-Quran telah memberikan batasan-batasan mengenai hal itu. Lalu adakah diantara kalian yang dapat menjalankannya murni 100%?

Karena begitu takutnya pengikut Isa, di tiap gereja ada tempat untuk melakukan penghapusan dosa. Berharap terhapus dosanya sehingga layak berada di Kerajaan Allah.

Memahami Al-Quran secara utuh dan menyeluruh akan mengetahui apa dan bagaimana ajaran Isa. Dan insya Allah bisa ke sorga. Amin.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-21 16:12
~
Tidak ada manusia yang dapat mengusahakan sorga baginya, sebab manusia tidak ada yang dapat 100% hidup menjauh dari dosa. Itulah sebabnya pahala tidak dapat dijadikan sebagai password untuk masuk ke sorga. Isa Al-Masih adalah satu-satunya password untuk bisa masuk ke dalam sorga.

“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Saudara Adanugi salah besar bila mengatakan di tiap gereja ada tempat untuk melakukan penghapusan dosa. Sebab gereja atau seorang pendeta tidak dapat mengampuni dosa seseorang. Hanya Allah yang dapat mengampuni dosa seseorang.

Al-Quran adalah kitab suci yang dibawa Muhammad. Al-Quran tidak ada hubungannya dengan Isa Al-Masih. Bila memang saudara Adanugi ingin mengetahui ajaran Isa, saudara harus membaca Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi dan Injil. Bukan Al-Quran.
~
SO
# erwanto 2012-08-17 21:21
*
Kita semua kan belum pernah masuk sorga/neraka. Jadi intinya kita semua yang ada di dunia harus berusaha agar bisa untuk masuk sorga dan menghindari neraka. Semua yang diceritakan tentang sorga dan neraka semata-mata hanya untuk memotifasi umat yang ada di dunia. Saya yakin Allah tak akan membeda-bedakan kaum-Nya. Baik itu wanita ataupun pria yang beriman kepada-Nya.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-21 16:13
~
Saudara Erwanto,

Kami setuju dengan pernyataan saudara. Memang di hadapan Tuhan pria dan wanita adalah sama. Karena pria dan wanita adalah ciptaan Allah. Dan dari awal penciptaan, Allah menciptakan pria dan wanita sepadan.

“Tuhan Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia" (Taurat, Kitab Kejadian 2:18).

Sayangnya, ketika Al-Quran bicara tentang sorga, dia tidak memberi satu motifasi bagi kaum wanita. Setiap janji-janji sorgawi yang ditulis Al-Quran hanya ditujukan bagi kaum pria. Sehingga timbul satu pertanyaan, apakah menurut Al-Quran sorga hanya layak bagi kaum pria saja?
~
SO
# arie 2012-08-24 09:45
*
Minuman anggur di sorga adalah minuman anggur yang tidak akan pernah memabukkan, sangat berbeda dengan di dunia. Segala sesuatu yang ada di sorga tidak akan pernah ada dan sama seperti di dunia. Jadi, percuma membandingkan dengan yang ada di dunia.

Wanita di sorga menjadi wanita yang muda belia dan dipertemukan dengan pasangan hidupnya, jika pasangan hidupnya juga masuk sorga. Dan atau juga disediakan bidadara yang menemaninya di sorga.

Jadi apakah sorganya umat Islam melulu tentang seks? Tidak. Kalau anda membayangkan ditemani bidadari-bidada ri adalah melulu bermain seks itu pikiran anda saja.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-28 16:07
~
Saudara Arie,

Kami sependapat dengan saudara kondisi di sorga tentu berbeda dengan di dunia yang fana ini. Untuk itulah menjadi pengharapan kita untuk tinggal di sana selamanya bersama Allah.

Namun, dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, jelas dan gamblang hanya ditujukan kaum pria saja. Karena tidak satupun kenikmatan itu ditujukan kepada wanita. Kaum pria mempunyai istri-istri (Qs 4:57) karena dikawinkan dengan bidadari-bidada ri yang cantik dan bermata jelita (Qs 52:20) dan disediakan divan-divan.

Lalu dimanakah kaum wanitanya, apakah masuk sorga dan dikawinkan dengan siapa?

Apakah menurut saudara, Allah membatalkan/mer ubah anggur menjadi minuman yang tidak memabukkan, benarkah demikian? Atau dengan kata lain api di neraka tidak menjadi panas dan menghanguskan!

Lagi, apakah masuk diakal yang sehat dan logis bahwa di sorga masih perlu makan dan minum dan masih kawin mengawin?
~
DA
# KH Agus Sukarmin MBA 2012-08-25 11:03
*
Di sorga itu tidak ada jasad sesuai panggilan Allah dalam Qs 89:27-30, maka kenikmatan di sana tidak ada batasnya.

Mukmin pria yang dimaksud bukan sebutan bagi jenis kelamin, tapi sebutan bagi orang yang beriman. Oleh karena itu jangan dicampur adukkan antara yang haq dan yang bathil (antara jasmani dan rohani). Rohani itu Haq/kudus/suci. Iman itu di hati, maksudnya adalah yang beriman itu adalah Rohani kita. Jasad ini hanya sebagai pelaksana saja (sebagai kesing) untuk membedakan antara jin & malaikat, terima kasih wassalam.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-28 16:10
~
Saudara KH Agus Sukarmin MBA,

Memang sorga adalah tahta Allah yang kekal. Mereka yang menerima keselamatan dan hidup kekal dari Isa Al-Masih yang berhak masuk ke sana.

Bagaimana menurut saudara, apakah di alam rohani tersebut masih ada makan dan minum dan masih kawin mengawin, seperti yang dijabarkan kitab saudara?

Saudaraku, jika benar pria Mukmin adalah sebutan bagi orang yang beriman. Bagaimana dengan ayat ini: “mereka di dalamnya mempunyai istri-istri yang suci” (Qs 4:57). Siapakah yang mempunyai istri? tentu kaum pria.

Bidadari pria atau wanita? (Qs 52:20; 44:54; 55:70-74 ) Bidadari jelas menunjuk pada wanita yang cantik jelita. Nah, siapa yang dikawinkan dengan wanita? Tentu kaum pria.

Bukankah jelas dan gamblang bahwa sorga yang digambarkan oleh Al-Quran hanya untuk pria.

Lalu pertanyaannya, dimanakah kaum wanitanya, apakah masuk sorga dan dikawinkan dengan siapa? Mungkinkah Allah hanya memihak kaum pria?
~
DA
# zzy 2012-08-27 08:38
*
Dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, tidak satu pun kenikmatan tersebut ditujukan bagi wanita Mukmin. Umumnya kenikmatan itu ditujukan bagi pria Mukmin. Sekali lagi, wanita Mukmin mengalami diskriminasi, bukan di dunia melainkan di tempat akhir di akhirat!

Saya setuju dengan pendapat ini. Saya seorang Muslim, dan masalah diskriminasi dalam Islam selalu membuat saya meragukan tentang Islam itu sendiri.

Mohon pencerahan. Terima kasih!
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-28 16:11
~
Saudara Zzy,

Tentu saja saudara dapat menguji setiap kebenaran yang saudara yakini. Supaya kita mengerti dengan betul apakah "kebenaran" itu benar berasal dari Allah, sehingga kita tidak beriman secara buta.

Tentunya Allah tidak membeda-bedakan ciptaan-Nya. Dalam Injil sangat jelas mengajarkan bahwa wanita diperlakukan sama dengan pria. Berbeda dengan pandangan Muhammad baca penjelasannya di url ini tinyurl.com/9fyrnge

Wanita juga menerima janji Allah mengenai janji sorgawi/kepasti an keselamatan.
“Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:24).

Artinya tidak memandang pria atau wanita, tua atau muda, tetapi yang mendengar dan percaya kepada-Nya menerima keselamatan sorgawi.

Rindukah saudara menemukan kedamaian dan merasa berharga? Silakan baca dan renungkan di url ini: tinyurl.com/6ntpehg
~
DA
# padli 2012-08-27 14:03
*
Seorang wanita besar adilnya di dunia, sedang di sorga begitu mudahnya ia mendapatkannya. Cukup dengan berbakti sama suaminya, dengan tidak durhaka pada Tuhan maka dia masuk sorga lewat pintu yang ia suka.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-28 16:14
~
Saudara Padli,

Benarkah wanita mendapat keadilan yang besar di dunia?

Lalu mengapa ada poligami (Qs 4:3)? Mengapa Al-Quran ini mengajarkan pria begitu mudah ”mengganti istrimu dengan istri yang lain” (Qs 4:20, dan banyak ayat lain)? Mengapa Al-Quran ini menyuruh suami “pisahkanlah mereka (istri) dari tempat tidur, dan pukullah mereka” (Qs 4:34)? Padahal ada hadits “Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukanny a dengan sadis” (Bukhari). Dalam pembagian harta warisan hanya mendapat satu bagian, pria dua bagian (Qs 4:11).

Kasihan sekali wanita dalam dunia Islam, bukan saja suaranya/kesaks iannya tidak sama dengan pria (semua atas dasar perintah Allah yang Maha Pengasih), tetapi mereka juga disebut “alat perangkap setan“ (Asysyihab) dan paling banyak menghuni neraka. “Aku telah menyaksikan neraka yang penghuninya paling banyak kaum wanita" (Bukhari).

Saudaraku, pintu untuk masuk sorga hanya satu. Bukan karena amal dan ibadah kita, tetapi adalah anugerah/pember ian Allah melalui iman kepada Isa Al-Masih.

Demikianlah yang difirmankan Allah: “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya [Isa Al-Masih] tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
~
DA
# ulos 2012-08-27 20:15
*
Berbicara mengenai alam sorga dan alam neraka semuanya itu adalah urusan Allah SWT. Adapun kedua tempat tersebut telah dijanjikan oleh-Nya bagi hamba-hamba yang bertaqwa serta beriman kepada yang gaib.

Baik sorga maupun neraka adalah tempat di mana suasana keindahannya belum pernah terlintas dipikiran, terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga serta belum pernah terasakan oleh perasaan siapapun.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-29 16:16
~
Saudara Ulos,

Kami setuju dengan pendapat saudara. Sorga dan neraka adalah urusan Allah. Tidak ada seorang manusiapun yang tahu bagaimana keadaan sorga dan neraka, sebab belum ada manusia yang sudah pergi ke sana.

Tetapi setidaknya kita dapat mengetahui bagaimana gambaran sorga dan neraka dari kitab suci. Misalnya, Kitab Suci Injil mengatakan di sorga tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5). Dalam hal ini tidak dibatasi pria maupun wanita.

Sedangkan menurut Al-Quran, di sorga pada pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5).

Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Sayangnya, Al-Quran tidak memberi penjelasan tentang sorga bagi wanita Muslim. Ataukah menurut Al-Quran wanita Muslim tidak layak masuk sorga?
~
SO
# Riduwan 2012-08-28 08:46
*
Untuk menafsir ayat-ayat Al-Quran dibutuhkan beberapa ilmu, diantaranya ilmu bahasa Arab. Dalam bahasa Arab kalau suatu kalimat dinyatakan dalam bentuk mudzakkar (jenis pria) maka di situ akan termasuk pula wanita. Sebaliknya kalau yang kalimatnya dalam bentuk mu'annats (jenis wanita) maka tidak termasuk pria.

Karena itu ayat-ayat Al-Quran yang orang beriman dalam kalimat bentuk mudzakkar maka di situ akan termasuk pula wanita. Singkat kata, sura itu akan Allah peruntukkan bagi orang-orang yang beriman baik itu pria maupun wanita, walaupun pengungkapan dalam ayat adalah bentuk mudzakkar (jenis kata untuk pria). Demikian, semoga bermanfaat.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-29 16:18
~
Saudara Riduwan, terima kasih atas penjelasan dari saudara.

Kami melihat sepertinya saudara orang yang cukup mengerti tentang bahasa Arab. Saudara dapat membedakan kata yang berarti hanya "pria" dan kata yang berarti "pria dan wanita".

Bila memang menurut saudara ayat di atas maksudnya adalah "pria dan wanita". Berarti di sorga kelak "pria dan wanita" akan disuguhi anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5)?

Juga "pria dan wanita" akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Apakah masuk akal wanita disuguhi wanita? Apakah menurut saudara Riduwan di sorga akan terjadi perkawinan lesbian?
~
SO
# nyamuk 2012-08-28 13:20
*
“Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senan g dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh” (Qs 36:55-56).

Surat yang anda petik itu untuk pemuda maupun pemudi yang sholeh. Yang dimaksud pelayan bukan perawan. Pelayan bisa wanita maupun pria. Hal itu hanya gambaran betapa nikmat tidak dapat di gambarkan.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-29 16:17
~
Sungguh aneh, mengapa Al-Quran selalu menggambarkan sorga dengan kenikmatan-keni kmatan duniawi? Kenikmatan-keni kmatan yang hanya ditujukan kepada seks dan kemabukan. Sungguhkah sorga hanya semata-mata sebagai tempat memuskan hasrat yang tidak dapat dipuaskan ketika masih di dunia?

Kitab Suci Injil berkata, “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Injil, Surat Roma 14:17).
~
SO
# danang 2012-08-30 10:04
*
Kalau saya pribadi, jalani hidup di dunia dengan sungguh-sungguh , beribadah menurut ajaran masing-masing dan kepercayaan masing masing. Juga tidak menyakiti diri kita dan orang lain. Dan sebagai insan manusia yang butuh makan, maka kita bekerja dengan jalan yang halal.

Masalah sorga itu seperti apa, kita belum merasakan bagaimana di sana, tetapi benar di dalam kitab suci agama masing-masing sudah dijanjikan bahwa sorga itu ada.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-08-31 09:14
~
Saudara Danang,

Terima kasih untuk komentar saudara. Kita memang harus menjalani hidup dengan sungguh-sungguh . Kita harus bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Bahkan firman Allah berkata “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya” (Kitab Amsal 10:4).

Mengenai sorga, tentu kita belum dapat mengerti secara benar bagaimana sebenarnya situasi sorga tersebut. Tapi, karena sorga ada tujuan akhir hidup manusia. Menurut kami, selagi ada kesempatan tidak ada salahnya bila kita mencari kepastian. Apakah jalan yang sudah kita pilih adalah benar jalan menuju sorga.

Sebab bila kita sudah meninggalkan dunia ini, maka kita sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk memperbaiki pilihan salah yang telah kita ambil. “Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?” (Injil, Surat 1 Petrus 4:17).
~
SO
# joen 2012-08-31 19:38
*
Apakah anda yakin agamamu benar dengan konsep Trinitasnya dan mempunyai sorga? Atau akan menjadi bahan bakarnya neraka kelak? Tidak ada Tuhan yang Maha Adil selain Allah. Jadi jangan hanya menafsirkan hal yang anda tidak akan pernah tahu.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-04 08:29
~
Saudara Joen,

Terima kasih atas komentar saudara. Sayangnya komentar yang saudara berikan tidak berhubungan dengan topik di atas yang membahas tentang sorga menurut pandangan Al-Quran.

Bila saudara ingin membahas tentang Trinitas, silakan saudara bergabung di situs kami yang membahas tentang hal tersebut di: www.isadanislam.com.

Bila boleh kami bertanya, apakah menurut saudara penjelasan tentang sorga di atas tidak benar?
~
SO
# Kuncoro 2012-08-31 21:41
*
Jangan pernah menggambarkan dan merasakan kenikmatan sorga dan sakitnya neraka dengan lahiriah (badaniah). Karena badan nanti tidak akan kita bawa ke temu Tuhan Allah. Hanya rasa (batin) mu yang ketemu dengan-Nya. Arti dibangkitkan adalah arwah yang tidur dalam alam kubur.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-05 15:10
~
Saudara Kuncoro benar, lalu mengapa Al-Quran selalu menggambarkan sorga dengan kenikmatan-keni kmatan duniawi?

Di sorga para pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5).

Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Sayangnya, Al-Quran tidak memberi penjelasan tentang sorga bagi wanita Muslim. Ataukah menurut Al-Quran wanita Muslim tidak layak masuk sorga?

Namun, Kitab Suci Injil mengatakan di sorga tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5). Dalam hal ini tidak dibatasi pria maupun wanita.

Di sorga tidak ada kematian, mengapa? Karena “orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah” (Injil, Surat 1 Korintus 15:52).
~
DA
# Siti 2012-09-02 10:01
*
Al-Quran sendiri menyebutkan bahwa Shiraathal Mustaqiim adalah Isa anak Maryam yang harus dipercayai, diikuti dan ditaati. Qs 43:61 dan Qs 43:63. Jadi menurut saya sorga dan neraka yang wajib dipercayai adalah ajaran Isa Al Masih.

Pada Hadist Anas bin Malik hal 72 disebutkan pula bahwa "Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu" yang berarti Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Firman-Nya. Jadi sekali lagi gambaran tentang sorga dan neraka yang benar adalah firman Allah yaitu ajaran Isa Al-Masih bukan ajaran-ajaran lainnya.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-04 08:30
~
Saudara Siti,

Terima kasih atas komentar saudara. Kami melihat dua dari komentar saudara saling melengkapi satu sama lain, sehingga kami membuatnya menjadi satu kolom. Dengan demikian, kami rasa teman-teman yang membacanya menjadi lebih mudah untuk mengerti.

Kami harap saudara tidak keberatan.
~
SO
# Lie 2012-09-02 21:08
*
Ini yang jelas dilihat dari sudut pandang Kristen saja. Secara langsung menyindir umat Islam.

Bagi kami janji Allah itu pasti dan Al-Quran itu benar adanya.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-05 15:04
~
Saudara Lie,

Kiranya dapat membaca kembali artikel di atas, kami tidak menyindir umat Islam. Kami menyampaikan sesuai dengan pernyataan Kitab saudara. Jika Saudara menemukan bahwa ternyata apa yang kami tulis adalah salah, maka tentu Saudara boleh memberi masukan kepada kami.

Kami menghargai keyakinan Saudara. Namun, yang kami ketahui adalah, bila Al-Quran bicara tentang sorga, segala janji-janji hanya ditujukan bagi pria. Tidak ada bagi wanita, seperti:

Di sorga para pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5).

Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).
Nah, bagaimana menurut saudara dengan ayat-ayat di atas?

Atau jika berkenan saudara dapat menjelaskan kepada kami apa yang akan diterima seorang wanita Muslim bila masuk sorga? Terima kasih.
~
DA
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-04 08:41
~
Sebelumnya kami minta maaf bila ada beberapa komentar dari teman-teman kami hapus.

Artikel di atas membahas mengenai “Sorga Menurut Ajaran Al-Quran”. Sedangkan beberapa dari teman-teman ada yang menjelaskan tentang kebenaran Al-Quran sebagai firman Allah. Jelas komentar yang teman-teman sampaikan tidak berhubungan dengan topik yang sedang dibahas. Dan itulah sebabnya mengapa komentar dari teman-teman kami hapus.

Bila teman-teman ingin membahas tentang Al-Quran atau Muhammad, silakan bergabung pada situs kami yang membahas hal tersebut di: www.isadanislam.com. Di situs ini terdapat cukup banyak artikel yang membahas tentang ajaran Islam, Al-Quran, dan Muhammad.

Kiranya teman-teman dapat memakluminya!
~
SO
# ifunk muhammad alfah 2012-09-04 08:44
*
Maaf saya mau komen masalah minuman anggur yang ada di sorga. Mengapa di dunia minum anggur itu di haramkan karena anggur di dunia itu bisa memabukkan tetapi berbeda dengan anggur yang berada di akhirat.

Terus masalah wanita di sorga, hanya wanita sholehah yang bakal masuk sorga. Wanita-wanita itu akan menjadi bidadari yang lebih indah dari pada bidadari yang sudah di ciptakan di sorga. Wanita-wanita itu bakal menjadi bidadari hanya untuk suami-suami mereka.

Demikian komentar saya terima kasih jika anda masih kurang faham tentang Islam coba anda bertanya lagi kepada orang yang lebih mengerti.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-06 16:49
~
Saudara Ifunk Muhammad Alfah, terima kasih atas komentar saudara. Berikut tanggapan kami.

Minum anggur haram karena memabukkan, bagaimana jika minum anggur tetapi tidak mabuk apa artinya halal, boleh diminum?

Mungkin saudara dapat menunjukkan kepada kami ayat kitab saudara yang menjelaskan bahwa wanita sholehah bakal masuk sorga, menjadi bidadari dan hanya untuk suami mereka.

Karena kami tidak menemukannya. Setiap janji-janji sorgawi di Al-Quran hanya layak bagi kaum pria saja. Seperti, di sorga kaum pria mempunyai istri-istri (Qs 4:57) karena dikawinkan dengan bidadari-bidada ri yang cantik (Qs 52:20). Sehingga timbul satu pertanyaan, apakah menurut Al-Quran sorga hanya layak bagi kaum pria saja? Apakah Allah adil?

Lagi, apakah masuk diakal yang sehat dan logis bahwa di sorga masih perlu makan dan minum dan masih kawin mengawin?
~
DA
# momo 2012-09-04 14:48
*
Untuk Staff,

Sesungguhnya sorga diciptakan untuk orang-orang yang bertakwa, jadi wanita Muslim yang bertakwa pasti akan masuk sorga seperti halnya pria. Dan benar di sorga kelak terdapat kenikmatan yang tidak pernah kita dapatkan di dunia. Begitu pula anggur, kenapa di dunia di haramkan, karena kita akan di berikan anggur yang sangat nikmat dan tidak akan memabukkan.

Sungguh besar kenikmatan yang akan orang Muslim dapatkan karena mereka bertakwa. Beda dengan orang kafir yang tidak akan mendapatkan itu.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-06 16:51
~
Saudara Momo,

Keselamatan sorgawi adalah anugerah/pember ian cuma-cuma dari Allah. Jadi, siapapun dapat mengalaminya. Penjelasan selengkapnya silakan baca di url ini tinyurl.com/87ccs5z

Namun, dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, jelas dan gamblang hanya ditujukan kaum pria saja. Karena tidak satupun kenikmatan itu ditujukan kepada wanita. Kaum pria mempunyai istri-istri (Qs 4:57) karena dikawinkan dengan bidadari-bidada ri yang cantik dan bermata jelita (Qs 52:20) dan disediakan divan-divan.

Lalu pertanyaannya, dimanakah kaum wanitanya, apakah masuk sorga dan dikawinkan dengan siapa? Mungkinkah Allah hanya memihak kaum pria?
~
DA
# Mr.Lubis 2012-09-04 15:37
*
Menurut pendapat saya semua pria dan wanita sama-sama mendapat kenikmatan yang sama dan tidak ada lagi perbedaan gender.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-06 16:53
~
Saudara Mr Lubis, terima kasih atas pendapatnya.

Kiranya dapat membaca tanggapan kami pada kotak komentar di saudara Momo. Nah, bagaimana menurut saudara benarkah pria dan wanita mendapat kenikmatan yang sama?
~
DA
# adi nurridwan 2012-09-04 16:11
*
Temanku Staff, Isa Islam dan KW,

Menurut saya sesungguhnya semua manusia sebagaimana ciptaan Allah SWT. Dalam mengartikan, membayangkan janji Allah SWT bagi yang masuk sorga seperti dalam Al-Quran (anggur dan wanita perawan) tidak dapat diartikan secara pas-pasan seperti itu. Kalam itu hanya simbol semata dan berlaku untuk wanita dan pria sekaligus. Al-Quran hanya petunjuk global, tidak seperti juknis.

Dan saya yakin Allah SWT yang menciptakan semua makhluk berlaku tidak adil apalagi terhadap wanita. Jadi anggurnya di sana tidak memabukkan apalagi diharamkan, yang wanita Mukmin pasti mendapat pria yang ganteng.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-06 17:11
~
Saudara Adi Nurridwan,

Bagaimana menurut saudara dengan penjelasan ayat-ayat ini:

Di sorga para pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83;25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5).

Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Bukankah jelas dan gamblang bahwa sorga yang digambarkan oleh Al-Quran hanya untuk pria.
Sehingga timbul satu pertanyaan, apakah menurut Al-Quran sorga hanya layak bagi kaum pria saja? Apakah Allah adil?

Menurut kami janganlah kita berspekulasi akan apa yang tidak diberitahukan/d ijanjikan Allah, karena jelas Allah tidak menjanjikan hal tersebut bukan, dalam kitab saudara.
~
DA
# Asrianto Abdullah 2012-09-05 05:44
*
Al-Quran tidak hanya memaknai terjemahan saja, karena tiap-tiap kata tersebut adalah kata-kata yang agung.

Pada ayat Al-Quran, minuman-minuman sorga diekspresikan dalam bentuk yang paling indah. Disertai dengan seindah-indah susunan. Misalnya “Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidada ri yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik” (Qs 56:22-23).

“Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek, dan seloki (piala) berisi minuman yang diambil dari mata air surga yang mengalir” (Qs 56:17-18).

"Diedarkan kepada mereka gelas yang penuh berisi khamar yang suci. (Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamar zat yang dapat merusak akal dan mereka tidak mabuk karenanya" (Qs 37:45-47).
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-07 10:13
~
Saudara Asrianto Abdullah,

Terima kasih sudah memberikan kutipan ayat-ayat tentang minuman-minuman di sorga.

Injil menegaskan bahwa “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Injil, Surat Roma 14:17).

Di sorga mereka (yang telah beroleh keselamatan Sorgawi) “tidak kawin dan dikawinkan” (Injil, Rasul Markus 12:25).

Lebih jauh Injil menjelaskan, di sorga umat Allah akan tinggal bersama-sama dengan Allah. Tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5).

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu”(Injil, Kitab Wahyu 21:4).
~
DA
# andhiw 2012-09-05 10:23
*
Allah telah menyebutkan bahwa mereka akan masuk sorga dalam firman-Nya: “Mereka dan istri-istri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan” (Qs 36:56).

Permasalahannya adalah, bagaimanakah anda (atau mungkin keyakinan anda) memandang sebutan "istri"?

Bagi kami umat Muslim, yang namanya istri adalah sesuatu penghargaan, derajat yang sama, bahkan mungkin lebih tinggi dari pria. Pria Muslim diwajibkan, menafkahi, meladeni istri, tidak ada satupun ayat yang mengatakan istri harus menafkahi suami.

Di manakah sorga buat wanita? mereka menjadi istri, merekalah yang akan dilayani, dinafkahi oleh suami. Apakah nafkah itu? Panjang sekali penjelasannya. Kecuali jika otak seseorang hanya berisikan makanan dan minuman, maka nafkah berarti memberi uang, makan, minum. Muslim tidak sesempit itu.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-07 10:23
~
Saudara Andhiw,

Permasalahannya bukan pada sebutan isteri, tetapi siapa isteri itu?

Siapakah yang dimaksud dengan isteri-isteri mereka? Berikut yang dinyatakan kitab saudara.

“mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidada ri yang cantik bermata jeli” (Qs 52:20).

Kalau tidak salah artinya para pria yang masuk sorga telah dikawinkan Allahnya dengan bidadari-bidada ri yang cantik. Artinya istri-istri mereka adalah para bidadari-bidada ri. Jadi, wanita yang masuk sorga menjadi istrinya siapa? Mungkin saudara dapat menjelaskan dan mendiskusikan di sini.

Dalam komentar di atas ada yang mengatakan bahwa wanita sholehah akan masuk sorga menjadi bidadari. Benarkah demikian? Justru Qs 56:35 menjelaskan, bahwa bidadari-bidada ri itu diciptakan langsung oleh Allah. Artinya bidadari itu bukan wanita sholehah tersebut.
~
DA
# I. Djoko 2012-09-06 16:41
*
Isa Al-Masih adalah satu-satunya password untuk bisa masuk ke dalam sorga.

“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 114:6).

Seandainya sepanjang hidup saya selalu berbuat dosa. Misalnya korupsi, berzinah, selalu menjelek-jelekk an umat/golongan lain, apakah saya tetap bisa masuk sorga dengan mempercayai Isa Al- Masih? Apa definisi mempercayai Isa Al Masih di sini, atau bagaimana implementasinya ?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-12 16:32
~
Saudara I Djoko benar, hanya Isa Al-Masih satu-satunya jalan ke sorga.

Inti dari pengajaran Isa Al-Masih adalah “Kasih”. Kasih kepada seluruh manusia, termasuk mereka yang bejat dan cabul sekalipun. Seseorang yang memutuskan untuk bertobat dan mengikuti Yesus, maka orang tersebut telah pindah dari gelap kepada terang Isa Al-Masih.

“Yesus berkata: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

Mengapa demikian karena kita adalah manusia yang berdosa sehingga berjalan dalam kegelapan. Isa Al-Masih telah membebaskan kita dengan membayar harga hukuman atas dosa kita. Artinya dosa-dosa kita telah dihukum dan lunas dibayar. Kita dijadikan benar oleh Allah ketika kita percaya bahwa Isa Al-Masih mencucurkan darah-Nya, mengorbankan hidup-Nya untuk kita.

"Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus" (Injil, Surat Roma 8:1).

Seseorang yang telah diselamatkan dari hukuman dosa setelah sungguh-sungguh menerima pelepasan yang disediakan Isa Al-Masih, akan berusaha menghindari dosa-dosa karena ada kuasa baru untuk mengatasi kuasa dosa (Injil, Surat I Korintus 6:19). Ia sekarang hidup dengan satu tujuan, yakni untuk hidup berkenan kepada Allah (Injil, Surat I Tesalonika 4:1).

Nah, rindukah hati anda dibersihkan dan mempunyai kepastian keselamatan? Baca dan renungkan di url ini tinyurl.com/6ntpehg
~
DA
# Asrianto Abdullah 2012-09-06 19:59
*
Setelah saya browsing di google, saya telah mendapatkan beberapa ayat Al-Quran tentang kesetaraan pria dan wanita dalam posisi yang sama sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik pria maupun wanita dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (Qs 16:97).
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 11:07
~
Saudara Asrianto,

Sebelumnya maaf karena beberapa komentar saudara kami hapus. Mengapa kami hapus? Saudara dapat melihat kembali aturan memberi komentar yang telah kami buat di atas. Kiranya saudara dapat maklum!

Terima kasih untuk kutipan ayat yang sudah saudara beri. Memang sudah seharusnyalah Allah berbuat adil terhadap ciptaan-Nya. Siapapun yang berbuat baik, tanpa terkecuali pria atau wanita harus mendapat imbalan yang sama. Bila Allah berlaku demikian, maka tepatlah bila Dia disebut sebagai Allah yang Maha Adil.

Namun bagaimana tentang sorga, apakah juga Allah adil terhadap pria dan wanita? Dari beberapa gambaran sorga dalam Al-Quran yang dijelaskan pada artikel di atas, tidak sedikitpun menyinggung tentang wanita. Sebaliknya Al-Quran secara sepihak telah menubuatkan wanita adalah penghuni neraka.

Sorga adalah tempat bagi setiap umat Allah yang telah diselamatkan. Tidak perduli pria ataupun wanita. Bagi mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih, Dia menjanjikan sorga bagi mereka.
~
SO
# ray 2012-09-07 08:14
*
“Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Injil, Surat Roma 14:17).

Seperti apa yang kamu ketahui tentang kebenaran, sukacita, damai sejahtera? Bukankah ini juga sifat keduniawian? Lantas apa yang ingin kamu rasakan di sorga kalau bukan kesenangan?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 11:08
~
Kebenaran, sukacita, dan damai sejahtera adalah hal yang semua orang inginkan tetapi dunia tidak dapat memberinya. Dunia tidak dapat memberi kebenaran. Contoh dalam hukum. Yang dibenarkan adalah mereka yang berkuasa.

Damai sejahtara adalah perasaan yang lebih dari sekedar kegembiraan. Dimana semua orang bisa saling menghargai, menghormati, dan saling menyayangi. Dunia tidak dapat memberi hal seperti ini. Lihatlah begitu banyaknya kejahatan yang terjadi di muka bumi ini.

Sukacita adalah perasaan yang lebih dari sekedar kegembiraan. Dimana seseorang walau hidup susah tetap dapat bersyukur. Dunia tidak dapat memberi rasa seperti ini, karena umumnya manusia hanya dapat pasrah, bukan bersyukur. Sukacita hanya ada dalam Allah.

Ketiga hal tersebut adalah hal yang orang inginkan, tetapi dunia tidak dapat memberi. Sebab ketiga hal ini hanya bisa didapat manusia dalam Kerajaan Allah yaitu sorga.

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” (Injil, Kitab Wahyu 21:4).
~
SO
# nili 2012-09-07 23:07
*
Sorga hanya sang Maha Pencipta yang mengetahui tentangnya.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 17:09
~
Saudara Nili benar, hanya Sang Maha Pencipta yang mengetahui tentang sorga.

Namun kita dapat mengetahui bagaimana gambaran sorga dari kitab suci. Misalnya, Kitab Suci Injil mengatakan di sorga tidak ada dosa, kematian atau duka cita. Yang ada hanya beribadah kepada Allah (Injil, Kitab Wahyu 22:3), dan memerintah sebagai raja (Injil, Kitab Wahyu 22:5). Dalam hal ini tidak dibatasi pria maupun wanita.

Sedangkan menurut Al-Quran, di sorga pada pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83; 25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5). Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20).

Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74).

Sayangnya, Al-Quran tidak memberi penjelasan tentang sorga bagi wanita Muslim. Ataukah menurut Al-Quran wanita Muslim tidak layak masuk sorga?
~
DA
# ahmad 2012-09-08 12:08
*
Sorga tidak diperuntukkan buat pria saja, tetapi Mukmin dan wanita Mikmin akan masuk sorga. Wanita Mikmin yang masuk sorga akan menjadi bidadari-bidada ri sorga yang cantik jelita.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 17:11
~
Saudara Ahmad,

Kami sependapat dengan saudara bahwa sorga tentu saja bagi pria dan wanita. Demikian Injil dengan jelas mengatakan: "Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia memiliki hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup " (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:24). Artinya tidak memandang pria atau wanita, tua atau muda, tetapi yang mendengar dan percaya kepada-Nya menerima keselamatan sorgawi.

Sayangnya , ketika Al-Qur'an bicara tentang sorga, setiap janji-janji sorgawi hanya ditujukan untuk kaum pria. Sehingga timbul satu pertanyaan, apakah menurut Al-Quran sorga hanya layak untuk kaum pria saja?

Mengenai bidadari-bidada ri kitab saudara Ahmad menjelaskan demikian: “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidada ri) dengan langsung” (Qs 56:35). Artinya bidadari-bidada ri itu bukan wanita mukmin yang masuk sorga, tetapi ia diciptakan langsung.
~
DA
# Hari 2012-09-08 21:56
*
Menanggapi soal pria Muslim di sorga. Dunia adalah tempat ujian dan akhirat tempat memperoleh reward/penalty. Sudah pasti reward yang enak-enaklah.(k ita bicara orang kebanyakan).

Anda sendiri bagaimana? Mau bekerja tanpa gaji? Nah, nanti buat yang sudah memiliki tingkatan iman tinggi, tidak usah diiming-imingi lagi, dia tahu dengan sendirinya bahwa perbuatan baiknya akan memperoleh reward. Tentang iming-iming untuk wanita? Kan di sana ada iming-iming perhiasan dari emas dan perak? Siapa yang suka itu? wanita bukan?

Islam itu logis banget, hubungan antara performance dengan reward dan penalty jelas sekali. Itu dipakai manajemen modern. Coba, apakah anda akan menerapkan Injil: Saya tampar pipi kiri anda, apakah anda akan berikan pipi kanan anda?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 17:13
~
Saudara Hari,

Kami sependapat dengan saudara bahwa gaji adalah sesuatu yang diraih dengan keringat dan menjadi hak kita. Namun, keselamatan sorgawi adalah hadiah dari Allah. Hadiah adalah rahmat, apakah rahmat dapat diraih dengan keringat?

Keselamatan sorgawi bukanlah iming-iming. Ini adalah janji Allah yang pasti, bahwa kita (pengikut Isa Al-Masih) akan mendapat tempat yang tinggi di sorga pada hari kiamat nanti (Qs 3:55).

Mengenai perhiasan kami kira orang pria juga gemar, bahkan banyak yang memakai. Saudara Hari, maksud dari “ditampar pipi kiri berikan pipi kanan” adalah jangan melawan kekerasan dengan kekerasan melainkan dengan kasih.
~
DA
# virnanda 2012-09-09 07:27
*
Mohon maaf untuk tulisan Al Jana, seharusnya ditulis Al Jannah.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 11:09
~
Saudara Virnanda,

Terima kasih untuk koreksi yang telah saudara beri. Terima kasih juga sudah bersedia membaca artikel yang terdapat dalam situs kami.
~
SO
# yos 2012-09-10 03:55
*
Setahu saya sorga dan neraka itu memang diperuntukkan bagi pria dan wanita, tidak ada pembedaan, karena tertulis jelas sekali di sini

"Sesungguhnya orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak. Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu orang-orang shiddiqien, dan orang-orang yang menjadi saksi di sisi Tuhan mereka. Bagi mereka pahala dan cahaya mereka. Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka" (Qs. 57:18-19).
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 11:09
~
Saudara Yos,

Terimakasih atas kutipan ayat yang telah saudara berikan. Sayangnya ayat tersebut hanya menjelaskan pahala yang akan diterima oleh pria dan wanita yang berbuat baik. Tidak sedikitpun ayat tersebut menyinggung soal wanita yang berhak masuk sorga.

Bila saudara Yos tidak keberatan, kiranya dapat berbagi ayat Al-Quran yang menjelaskan sorga bagi wanita. Juga kenikmatan-keni kmatan apa saja yang akan didapat wanita kelak di sorga, seperti yang telah dijelaskan Al-Quran tentang kenikmatan-keni kmatan yang akan diterima pria di sorga.
~
SO
# faizal 2012-09-10 10:51
*
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan (Qs 56:35-36).

Maksudnya mengulangi penciptaan wanita-wanita tua dan menjadikan mereka perawan kembali, yang tua kembali muda. Telah disebutkan dalam suatu hadits bahwa wanita dunia mempunyai kelebihan atas bidadari karena ibadah dan ketaatan mereka. Para wanita yang beriman masuk sorga sebagaimana kaum pria. Jika wanita pernah menikah beberapa kali, dan ia masuk sorga bersama mereka, ia diberi hak untuk memilih salah satu di antara mereka. Maka ia memilih yang paling bagus diantara mereka.

(Fatawal Mar’ah 1/13 yang dinukil dalam Al-Fatawa Al-Jami’ah lil Mar’atil Muslimah, edisi bahasa Indonesia Fatwa-fatwa tentang wanita 3 cetakan Darul Haq).
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 11:19
~
Saudara Faizal,

Bukankah begitu jelas dalam Qs 56:35-36 tersebut, mengatakan bahwa “menciptakan mereka dengan langsung” dengan kata lain membuat yang baru (dari tidak ada menjadi ada) saat itu, bukan mengulangi penciptaan.

Sayangnya, ketika Al-Quran bicara tentang sorga, setiap janji-janji sorgawi hanya ditujukan untuk kaum pria. Al-Quran tidak memberi penjelasan tentang sorga bagi wanita Muslim.

Sehingga timbul satu pertanyaan, apakah menurut Al-Quran sorga hanya layak untuk kaum pria saja?
~
DA
# gondo wedha 2012-09-10 19:15
*
Saya yakin langit bumi seisinya diciptakan oleh Allah swt. Begitupun sorga akan diberikan kepada semua manusia nantinya. Cepat atau lambat.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-13 17:15
~
Saudara Gondo Wedha benar, bahwa langit bumi seisinya adalah diciptakan Allah. Demikian firman Allah mengatakan: “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi” (Taurat, Kitab Kejadian 1:1).

Memang sorga bagi semua orang, tetapi siapa yang dapat tinggal di sana?
Mari perhatikan ayat kitab suci berikut ini: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal [Isa Al-Masih], supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya [Isa Al-Masih] tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Jadi tidak memandang pria atau wanita, tua atau muda, setiap orang yang percaya kepada-Nya dapat masuk sorga.

Inilah janji Isa Al-Masih: “Dan apabila Aku telah pergi ke situ (sorga) dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku (sorga), supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:3).
~
DA
# yos 2012-09-11 17:23
*
Allah tidak pernah membedakan jatah sorga untuk pria ataupun wanita Mukmin, karena tercantum sangat jelas sekali di sini:

"Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman):` Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku hapuskan kesalahan-kesal ahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik" (Qs 3:195).
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 16:57
~
Saudara Yos,

Tentu saja Allah berbuat adil terhadap ciptaan-Nya. Siapapun yang berbuat baik, tanpa terkecuali pria atau wanita harus mendapat imbalan yang sama. Bila memang terjadi demikian, maka tepatlah bila Dia disebut sebagai Allah yang Maha Adil.

Namun bagaimana tentang sorga, apakah ini Allah adil terhadap pria dan wanita? Dari beberapa gambaran sorga dalam A-Quran yang dijelaskan pada artikel di atas, tidak sedikitpun menyinggung tentang wanita.

Tetapi mereka justru disebut "alat perangkap setan" (Asysyihab) dan paling banyak menghuni neraka. "Aku telah menyaksikan neraka yang penghuninya paling banyak kaum wanita" (Bukhari).

Sorga adalah tempat untuk setiap umat Allah yang telah diselamatkan. Tidak perduli pria ataupun wanita. Bagi mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih, Dia menjanjikan sorga bagi mereka.
~
DA
# GENTATRAVEL 2012-09-12 21:16
*
Dalam beribadah janganlah kita mengharap sorga atau takut neraka tapi tujukan semua yang kita lakukan karena bakti dan rasa syukur kita kepada Allah.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 16:59
~
Saudara Gentatravel,

Kami sependapat dengan pernyataan saudara. Kami umat Kristiani bukan beribadah untuk mencari keselamatan atau untuk menyucikan diri, tetapi sebagai salah satu wujud ucapan syukur atas keselamatan yang diberikan Isa Al-Masih.

Seperti ayat ini "Kita mengasihi karena Allah lebih dahulu mengasihi kita" (Injil, Rasul Besar I Yohanes 4:19). Sebab dikatakan "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal [Isa Al-Masih], supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
~
DA
# FikriAni 2012-09-13 08:41
*
Kenikmatan sorga dalam Islam sebenarnya tidak tersiratkan oleh akal (dunia). Islam hanya sekedar memberikan gambaran riil agar bisa diterima oleh akal. Sesungguhnya gambaran itupun sulit terjadi di dunia seperti gadis terus atau muda terus bagi penghuni sorga, tidak ada orang tua renta di sorga.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 17:01
~
Saudara Fikriani,

Namun anehnya, dari sekian banyak janji kenikmatan yang diberikan di sorga hanya ditujukan kepada kaum pria. Tetapi itulah gambaran sorga menurut Al-Quran. Kitab suci yang saudari Fikriani percaya sebagai wahyu dari Allah. Bahwa sorga, hanya diutamakan untuk kesenangan pria. Mereka akan menikmati berbagai rasa anggur. Juga dengan wanita-wanita yang sangat cantik dan para perawan-perawan . Lalu, bagaimana dengan saudari sebagai wanita Muslim. Di manakah tempat saudari. Sorga atau neraka?
~
DA
# Asrianto Abdullah 2012-09-13 10:46
*
Kepada Saudara Staf,

Saya sepakat dengan Injil, Surat Roma 14:17 bahwa “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus”

Jika saya diperkenankan menafsirkan ayat tersebut saya akan menafsirkan walaupun itu salah terlebih dahulu saya memohon maaf.

Kerajaan Allah, maksudnya adalah sorga. Bukanlah soal makanan dan minuman ini berarti nafsu atau sifat manusia, tetapi soal kebenaran ini berarti iman seseorang.

Jadi sorga itu diperuntukkan bukan kepada orang yang selalu mendahulukan nafsu pada saat di dunia, tetapi bagi mereka beriman dan selalu berada pada jalan kebenaran dan dia senantiasa di jalan keselamatan.

Saya sepakat dengan ayat ini karena ayat ini sangatlah logis.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-25 13:08
~
Saudara Asrianto,

Terima kasih atas komentar saudara di atas, kami sangat menghargainya.

Dari ayat ini seharusnya kita dapat membandingkan, bagaimana gambaran sorga yang diberikan oleh Injil dengan gambaran sorga yang diberikan Al-Quran.

Semoga ayat di atas dapat memberi pencerahan bagi saudara.
~
SO
# wongso 2012-09-13 13:18
*
Di dalam sorga wanita Muslim yang sejati mendapatkan tempat lebih tinggi dari pada bidadari, karena amal ibadah yang telah dilakukan semasa hidup di dunia. Mereka semua satu hati. Tidak ada perasaan iri, dengki, hasad (perasaan rendah seperti yang ada di dunia) seperti raja, wanita Muslim itulah ratunya, sedangkan bidadari adalah para selir raja.

Mereka semua bersenang-senan g, hidup rukun, sejahtera dan mendapatkan segala nikmat dan kesenangan hidup, terhadap semuanya. Allah telah menciptakan 100 kenikmatan, 1 nikmat telah Allah turunkan ke dunia untuk seluruh makhluk hidupnya dan 99 nikmat yang lain telah di tahan Allah khusus diperuntukan bagi penghuni sorga.

Untuk itu berlombalah mengerjakan amal saleh sebagai kewajiban kita kepada Allah.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 17:02
~
Saudara Wongso,

Namun anehnya bila Al-Quran bicara tentang sorga, segala kenikmatan hanya ditujukan untuk pria. Tidak ada untuk wanita.

Di sorga para pria akan bebas menikmati berbagai jenis anggur. Seperti anggur murni yang masih disegel (Qs 83; 25), Zanzabil yang berisi anggur (Qs 76:17), Tasnim yang merupakan campuran anggur (Qs 83:27) atau anggur yang dicampur dengan kafur (Qs 76:5). Juga para pria tersebut akan diberi wanita-wanita yang sangat cantik (Qs 38:53, 44:54, 52:20). Serta para perawan yang mana jin-jin dan manusia belum pernah menyentuhnya (Qs 55:70-74). Nah, bagaimana menurut saudara dengan ayat-ayat tersebut?

Sorga adalah tempat untuk setiap umat Allah yang telah diselamatkan. T idak perduli pria ataupun wanita. Bagi mereka yang telah menerima anugerah/rahmat Keselamatan dan Hidup Kekal dari Yesus Kristus, berhak masuk kerajaan Allah.
~
DA
# awi 2012-09-14 04:52
*
Dari buahnyalah kamu akan tahu ajarannya, itulah ciri-ciri anti Kristus.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 17:05
~
Saudara Awi,

Kami sependapat dengan saudara Awi, bahwa dari buah kita dapat mengetahui pohonnya (ajarannya).

“ Saudara-saudara ku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar” (Injil, Surat Yakobus 3:12).

Artinya ajaran yang baik tentu buahnya baik, dan sebaliknya.

Mengenai anti Kristus saudara dapat bergabung di situs kami yang membahas hal tersebut, di www.isadanislam.com, terima kasih.

Kalau boleh bertanya, bagaimana pendapat saudara dengan penjelasan tentang sorga pada artikel di atas?
~
DA
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-14 12:50
~
Kepada pembaca situs kami, kiranya dapat memperhatikan pedoman di bawah ini dalam memberi komentar.

PEDOMAN MEMASUKKAN KOMENTAR:

(1) Tidak boleh memakai lebih dari satu kotak.
(2) Pertanyaan / masukan harus berhubungan erat dengan uraian.
(3) Sebaiknya satu atau paling dua pertanyaan / konsep dimasukan dalam satu comment.
(4) Masukan harus selalu sopan dan jangan agresif.
(5) Masukan tidak boleh memuat banyak bahasa lain, misalnya Bahasa Arab.
(6) Masukan harus dalam Bahasa Indonesia yang lazim dimengerti semua orang.
(7) Masukan tidak boleh memakai singkatan-singk atan, misalnya yg, dlm, sdh,dlsbgnya.
(8) Huruf besar tidak boleh dipakai untuk menekankan sesuatu.
(9) Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Kami mempersilakan Saudara mengemail untuk pertanyaan / comment yang majemuk. Kami senang menjawabnya.

Wassalam,
Staff, Isa dan Islam
# newone 2012-09-14 15:10
*
Al-Quran menjelaskan sorga itu tidak bisa dibayangkan oleh akal manusia, yang ada hanya perumpamaan karena akal manusia tidak sampai ke situ. Jadi hanya perumpamaan seperti pria atau wanita jangan disamakan dengan dunia, jauh sekali. Kehidupan bagaikan malaikat. Apakah ada malaikat pria atau wanita. Sorga dan neraka hanya gambaran permukaan luar saja. Jadi kalau perumpamaan diperdebatkan sama dengan debat kusir.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-19 21:02
~
Saudara Newone,

Memang mengenai sorga, tentu kita belum dapat mengerti secara benar bagaimana sebenarnya situasi sorga tersebut. Namun, setidaknya kita dapat mengerti dari yang digambarkan oleh kitab Saudara. Dimana para pria akan dimabukkan dengan berbagai rasa anggur. Juga dikawinkan dengan bidadari-bidada ri yang sangat cantik dan dan masih perawan. Apakah kehidupan seperti ini yang bagaikan kehidupan malaikat?

Sementara firman Allah dalam Kitab Suci Injil menegaskan tidak ada kawin mengawini di dalam sorga. "Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga" (Injil, Rasul Besar Matius 22:29).
~
DA
# eldi andrianto 2012-09-15 00:42
*
Kepada Staf,

Saya ingin bertanya, sebenarnya Tuhan orang Kristen itu Allah atau Yesus? Dan Injil Surat Yakobus 3:12 itu perkataan Allah atau Yesus?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-18 14:22
~
Saudara Eldi,

Terima kasih atas pertanyaan yang sudah saudara ajukan. Karena pertanyaan saudara tidak berhubungan dengan topik yang sedang dibahas, maka kami anjurkan silakan saudara membaca penjelasan kami pada artikel di link ini: tinyurl.com/c4phapd.

Pada artikel tersebut saudara dapat membaca penjelasan kami tentang siapakah Yesus, dan siapakah yang disembah orang Kristen.

Bila ada yang kurang jelas, silakan mengirimkan pertanyaan saudara langsung ke staf kami melalui email di: . Staf kami akan menjawab setiap pertanyaan yang saudara ajukan.

Harap maklum!
~
SO
# Yakub Agung 2012-09-15 05:28
*
Yth Staff Isa Islam & Wanita.
1. Qs 9:9, “Dan orang-orang beriman, lelaki dan perempuan...mer eka mengerjakan kebaikan...mere ka akan diberi Rahmat (surga) oleh Allah..."

2. Qs 9:10, “Allah menjanjikan pada mukmin laki-laki dan perempuan, surga...dan keridhaan Allah adalah lebih besar, itu adalah keberuntungan yang besar"

3. Nabi bersabda “...sorga di bawah telapak kaki Ibu (perempuan)”

4. Nabi ditanya orang yang harus pertama kali kita muliakan, jawab Nabi: Ibu (sampai 3X) baru menyebut Bapak.

Dan masih banyak ayat dan hadist lain yang menempatkan wanita Mukmin begitu agung dan mulia dalam Islam.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-19 21:03
~
Saudara Yakub Agung,

Sepertinya saudara salah kutip ayat atau memang ada versi yang lain. Jadi silakan dibuka lagi kitabnya.

Sedangkan mengenai Hadist yang ada tuliskan itu, sama sekali tidak menyebutkan bahwa wanita itu masuk sorga dan menerima kenikmatan.

Tetapi mereka justru disebut "alat perangkap setan" (Asysyihab) dan paling banyak menghuni neraka. "Aku telah menyaksikan neraka yang penghuninya paling banyak kaum wanita" (Bukhari).
~
DA
# Afair 2012-09-15 07:11
*
Di dalam Islam wanita Muslim lebih dulu masuk sorga 500 tahun dari pria Muslim.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-19 21:06
~
Saudara Afair,

Mungkin saudara dapat menyebutkan pada bagian mana kitab saudara yang menjelaskan hal itu. Kiranya saudara tidak keberatan untuk berbagi informasi tersebut dengan kami.

Jika benar demikian kitab saudara pasti memberi penjelasan kenikmatan-keni kmatan apa saja yang diterima oleh wanita Muslim yang masuk sorga. Namun anehnya, bila Al-Quran bicara tentang sorga, segala janji-janji hanya ditujukan untuk pria. Tidak ada untuk wanita. Atau mungkin kami terlewat atau tidak mengetahuinya.
~
DA
# yos 2012-09-15 18:28
*
Anda berputar-putar, pertama jelas sekali ayat Al-Quran yang tidak membedakan jatah sorga untuk pria dan wanita. Nah setiap Mukmin pria dan wanita mendapat jatah masuk sorga atau neraka berdasarkan apa yang mereka lakukan di dunia. Jadi impas, baik pria dan wanita Mukmin berhak atas sorga dan fasilitas di dalamnya. Sorga tak bisa digambarkan, fasilitasnya belum pernah terlihat di mata, terbetik di hati, dan terdengar di telinga, tapi yang jelas pria dan wanita Mukmin jelas bisa masuk sorga.

Anda memaksa, seolah anda adalah yang paling mengetahui surga. Nah kenapa anda tidak duluan saja berkunjung ke sana? lalu ceritakan saja ke kami ini, mana yang benar?
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-20 16:54
~
Saudara Yos,

Komentar saudara pada point pertama sudah kami jawab pada kotak di atas. Kiranya saudara Yos dapat membaca kembali, terima kasih.

Saudara Yos, kami tidak memaksa. Tentu saja hanya Allah yang paling mengetahui sorga, karena itu adalah kerajaan-Nya. Melalui firman-Nya Allah menggambarkan / menceritakan sorga sebagai tempat yang begitu indah dan kudus. Jadi, kami tidak perlu repot-repot ke sana duluan sebelum waktunya.

Inilah janji indah dari Isa Al- Masih: “Dan apabila Aku telah pergi ke situ (sorga) dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku (sorga), supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:3).
~
DA
# @Abah_Daris 2012-09-15 19:57
*
Dalam Al-Quran maupun Injil sesungguhnya sama bahwa sorga itu adalah Kerajaan Allah. Tempat dimana diatur dengan Undang-undang atau hukum Allah, tempat (kerajaan) Allah. Jadi menjamin kesejahteraan, kedamaian dan memberikan kenikmatan hidup bagi penghuninya, siapapun dia agama apapun yang dianutnya. Itulah hakikat yang sesungguhnya (Qs 2:62), terima kasih.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-20 16:57
~
Saudara @Abah Daris,

Tentunya Allah tidak membeda-bedakan ciptaan-Nya. Tidak perduli pria atau wanita. Bagi mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih yang berhak masuk dalam kerajaan-Nya.

"Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia memiliki hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup " (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:24).

Sayangnya, dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, tidak satupun kenikmatan tersebut ditujukan untuk wanita Mukmin. Umumnya kenikmatan itu ditujukan untuk pria Mukmin. Apakah penghuni sorga hanya kaum pria Mukmin saja?
~
DA
# dodi 2012-09-17 14:57
*
Wanita Mukmin, akan dinikahkan dengan suaminya di dunia. Ia akan menjadi kepala bidadari yang 27 itu, bahkan jika suami di dunia tidak masuk sorga akan dikawinkan dengan pria lain yang masuk sorga.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-20 16:59
~
Saudara Dodi,

Kiranya dapat membagikan kutipan ayat kitab saudara yang menyatakan demikian. Karena yang kami ketahui adalah, bila Al-Quran bicara tentang sorga, segala janji-janji hanya ditujukan untuk pria. Tidak ada untuk wanita.

Perhatikan kembali komentar saudara. Itulah nasib wanita Mukmin yang mengalami diskriminasi, bukan di dunia melainkan di tempat terakhir di akhirat. Sudah dipoligami di dunia, di akhiratpun masih dipoligami.

Sementara firman Allah dalam Kitab Suci Injil menegaskan tidak ada kawin mengawini di dalam sorga. “Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga” (Injil, Rasul Besar Matius 22:29).
~
DA
# hadi mulyanto 2012-09-18 09:23
*
Hidup ini ada jiwa dan raga kelak setelah mati raga tertinggal di bumi jiwa entah ke mana. Yang menikmati dan merasakan segala sakit dan kenikmatan dunia adalah raga, apa yang bisa dirasakan oleh jiwa setelah terpisah dari raga hanya ada dua pilihan bersama setan atau mendekat kepada Allah.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-22 09:36
~
Hadi Mulyanto,

Mengenai tubuh dan jiwa setelah meninggal Alkitab menjelaskan demikian:

"Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal" (Kitab, Nabi Daniel 12:2).

Demikian pula, Yesus Kristus sendiri mengatakan bahwa orang fasik "Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal" (Injil, Rasul Besar Matius 25:46).

Jiwa kita akan hidup untuk selamanya. Baik di hadapan Allah jika kita sudah diselamatkan, atau dalam hukuman di neraka jika kita menolak anugerah Allah untuk diselamatkan. Janji firman Allah bukan saja jiwa kita akan hidup untuk selamanya, namun tubuh kita juga akan dibangkitkan kembali. Harapan akan kebangkitan tubuh ini adalah inti dari iman Kristen (Injil, Surat 1 Korintus 15:12-19).
~
DA
# rival 2012-09-18 16:39
*
Maaf saya mau tanya. Kenapa hanya untuk pria saja yang bisa menikmati sorga? Kan banyak yang bilang sorga ada di telapak kaki ibu. Terus apa artinya semua itu kalau semua di tujukan kepada pria?

Terima kasih.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-22 09:36
~
Saudara Rival,

Terima kasih sudah berkenan memberi komentar pada situs kami.

Memang dari sekian banyak janji kenikmatan sorga yang digambarkan dalam Al-Quran umumnya ditujukan kepada kaum pria. Jadi tidak ada hubungannya dengan perkataan “sorga ada di telapak kaki ibu”. Atau mungkin ada yang sependapat dengan “perkataan itu” jadi silakan beri komentar.

Sorga adalah tempat bagi setiap umat Allah yang telah diselamatkan. Tidak perduli pria ataupun wanita. Bagi mereka yang telah menerima Keselamatan dan Hidup Kekal dari Isa Al-Masih, Dia menjanjikan sorga bagi mereka.
~
DA
# Syarif 2012-09-19 10:32
*
Wanita (mu'minat) dan Pria (mu'minin) sama saja, keduanya masuk sorga. Coba anda buka Qs 28:10, yang mengatakan bahwa Ibu Musa adalah seorang Mu'min (harusnya mu'minat). Kemudian di Qs 89:27-30 dimana Allah menggunakan kata rabbiki yang berarti Tuhan mu (perempuan-buka n rabbika). Ayat tersebut seolah hanya mengajak para wanita saja untuk sorga. Sebaiknya harus dilihat lebih dalam secara nahu, sharaf, balagha dan manti.

Terima kasih.
# Staff Isa Islam dan Kaum Wanita 2012-09-22 09:37
~
Saudara Syarif,

Terima kasih untuk ayat-ayatnya dan masukannya.

Menurut Qs 89:27-30, ayat tersebut seolah hanya mengajak para wanita saja untuk ke sorga. Pertanyaannya, kenikmatan apakah yang akan diterima para wanita di sorga?

Karena dari sekian kenikmatan yang dijabarkan Al-Quran bagi mereka yang masuk sorga, tidak satupun kenikmatan tersebut ditujukan bagi para wanita. Umumnya kenikmatan itu ditujukan bagi para pria. Tidakkah mereka berhak menerima kenikmatan yang sama dari Allah sebagai balasan ketaatan mereka selama berada di dunia?
~
DA

Isadanislamstudi2

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer