Renungan Singkat Isa, Islam dan Kaum Wanita

pria wanita samaTahukah Anda bahwa 51% penduduk bumi adalah wanita? Bagi mereka diskriminasi gender masih menjadi masalah besar. Secara statistik, hanya 40% pelajar di sekolah di dunia adalah wanita. Orang tua biasanya mengutamakan pendidikan pria. Mereka lebih senang anak wanita membantu pekerjaan rumah tangga. Statistik lain berkata, 65% wanita di dunia tidak dapat membaca. Sayang sekali!

Di beberapa negara, anak-anak wanita dijual sebagai pengantin. Mereka dianggap milik bapaknya atau saudara laki-lakinya. Bahkan ada yang dinikahkan pada umur di bawah 12 tahun.

Di Cina anak wanita sering diberikan untuk diadopsi, karena orang tua jauh lebih senang mempunyai anak pria.

Demikian kita melihat bahwa diskriminasi gender menjadi masalah internasional pada zaman ini. Sayang terlalu sering orang beragama juga mempraktekkan diskriminasi gender. Bahkan ajaran agama sering mendukung diskriminasi ini.

Mengapa wanita tidak mempunyai hak sama dengan pria? Mengapa agama sering terlibat dalam diskriminasi gender? Bagaimana jalan mengatasi diskriminasi gender? Bagaimana pandangan Isa Al-Masih dan juga agama Islam mengenai diskriminasi gender?

Staff Isa dan Islam akan mengirim renungan singkat setiap minggu tentang “Isa, Islam dan Kaum Wanita” pada para pendaftar. Renungan / artikel ini singkat dan sangat menarik. Untuk menerima renungan tersebut, isilah formulir di bawah ini.

 


wanita arab menyetirAnda jelas sadar bahwa diskriminasi gender tersebar di seluruh dunia. Di beberapa negara, wanita dilarang menyetir mobil. Di negara lain, anak wanita dijanjikan dan bahkan diberikan untuk dinikahi oleh pria yang sudah tua. Bila terjadi perceraian, isteri tidak berhak atas anak-anak mereka. Anak-anak diambil oleh bekas suami. Wanita juga sering tidak mendapat hak warisan.

Renungan yang staff Isa dan Islam siapkan akan menyinggung sebagian dari masalah ini. Kita akan belajar bagaimana agama berhubungan dengan diskriminasi gender.

Seri karangan singkat ini (k/l 150 kata masing-masing) akan berfokus pada sikap Islam dan Kristen terhadap kaum wanita. Renungan akan membahas topik-topik seperti: Penciptaan kaum wanita, kesamaan gender, kecantikan wanita, wanita dan hidup kekal, busana, pernikahan, jodoh, hubungan suami dan isteri, hak-hak wanita, poligami, KDRT dll.

Anda hanya perlu mengisi formulir di bawah (nama dan email) untuk mendapatkan renungan ini sekali seminggu (bila Anda ingin “unsubscribe” sesudah satu dua minggu, sangat udah).

Silakan mengisi formulir di bawah ini. Betapa penting menambah informasi mengenai masalah-masalah yang dihadapi kaum wanita masa kini.